Hafiz Qur'an | Promo Menarik dari Allah

00.34 0 Comments A+ a-



Menghafal Al-qur’an? 30 juz? 114 surat? 6.666 ayat? Mustahil atau tidak?
.
Awalnya saya merasa minder sebeluAm menulis artikel ini, karena saya pun hafalannya masih sedikiiiiiiiit sekali. Namun bukankah Rasulullah telah bersabda, “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat.” Maka saya memberanikan diri untuk menulis, juga sebagai pelajaran untuk diri sendiri. Yang harus diingat, jangan lihat siapa yang menulis, tapi lihatlah apa yang dia tulis. So, mari kita belajar bersama-sama.
.
Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril sebagai bukti kerasulan Muhammad dan untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai petunjuk hidup di dunia menuju kebahagiaan di akhirat. Membaca dan mengamalkannya bernilai ibadah dan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.
شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ١٨٥
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (Q.S Al-Baqarah : 185)
Hukum menghafal Al-qur’an tidaklah wajib bagi setiap individu, tetapi fardhu kifayah, yaitu apabila telah ada dalam suatu daerah orang yang hafal Al-qur’an, maka gugurlah kewajiban orang lain di daerah tersebut untuk menghafalnya. Meski begitu, tidakkah kita ingin menjadi seorang yang menggugurkan kewajiban orang lain tersebut? Apalagi, seorang hafizh Qur’an memiliki banyak sekali keutamaan.

Keutamaan Penghafal Al-Qur’an

Beberapa keutamaan penghafal Al-Qur’an adalah sebagai berikut :

1.      Penghafal Al-Qur’an adalah keluarga Allah

Dari Anas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewa-Nya.” (HR Nasa’i, Ibnu Majah, Hakim, dan Ahmad) 

2.      Mereka akan ditempatkan di surga bersama para malaikat

Dari Aisyah r.ha. berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang ahli dalam Al- Quran akan berada bersama malaikat pencatatat yang mulia lagi benar, dan orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya dua pahala (HR Bukhari, Nasa’i, Musim, Abu Daud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)
Kata ‘ahli Al-qur’an’ atau ahlul qur’an adalah para penghafal Al-qur’an dan senantiasa membacanya, apalagi ia memahami makna dan menerapkannya.
Tidak ada orang yang rugi dalam membaca Al-Qur’an. Setiap kata bahkan setiap huruf dinilai pahala bagi pemabacanya. Bisa dibayangkan ada berapa banyak huruf di dalam satu kitab Al-Qur’an, bahkan satu halaman Al-Qur’an saja ada ratusan huruf yang akan menjadi penghalang api neraka bagi kita. Bahkan jika dia masih terbata-bata, ada dua pahala baginya, apalagi bagi para penghafal Al-Qur’an, masyaallah mereka tersebut akan bersama para mlaikat yang mulia di dalam surga.

3.      Mampu memberi syafaat bagi siapa yang dikehendaki

Dari Ali karamallahu wajhah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,  “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya, lalu menghalalkan apa yang dihalalkannya (Al-Qur’an) dan mengharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah swt. akan memasukkannya ke dalam surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafaat kepada sepuluh keluarganya yang kesemuanya telah masuk neraka (Hr. Ahmad dan Tirmidzi)
Betapa mulianya seorang hafidz qur’an, dia tidak hanya bisa menikmati kenikmatan menghafal Al-Qur’an sendiri, tapi dia juga bisa mengajak sepuluh orang bersamanya ke dalam surga. Subhanallah.
Dan begitu banyak keutamaan-keutamaan lain. Memang, kita tidak bisa menjamin bahwa penghafal Al-Qur’an ‘pasti’ masuk surga. Semuanya tetaplah atas kuasa Allah. Tapi sepanjang kita meluruskan niat hanya untuk Allah, insyaallah, Allah akan mempemudahkan.
Subhanallah, ada begitu banyak keutamaan penghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an adalah promo terbaik dari Allah untuk menuju surga-Nya. Ada begitu banyak keutamaan dan kebaikan hanya dengan menghafal ayat demi ayat Al-Qur’an. Lalu kita masih ingin menutup mata dan membiarkan tulisan ini berakhir begitu saja? []

Sungai Tutung, 2 September 2017


Megutip seluruh/sebagian artikel/tulisan dari blog ini dibolehkan dengan syarat tetap mencantumkan link sumber, http://putriall.blogspot.com